Salah Kaprah Tentang Pengertian Deep Web

17.57 4 Comments

Deep web sering kali digambarkan dengan hal-hal yang menakutkan, mengerikan, penuh dengan kriminalitas, narkoba, senjata, psikopat, serta kejahatan lainnya. Diperparah dengan berbagai berita diberbagai media online yang kerap kali berlebihan menggambarkan apa itu deep web sebenarnya.

Bagi anda yang terbiasa berselancar didunia maya, mungkin sudah sangat familiar sekali dengan namanya search engine atau mesin pencari seperti Google, Yahoo, maupun Bing. Ya, ketiga mesin pencari tersebut memang menguasai pengguna komputer di Indonesia ketika mencari sesuatu di internet.


Lalu Apa Itu Deep Web?

Seperti dijelaskan diatas, ketika anda ingin mencari apapun diinternet, anda bisa dengan mudah menggunakan search engine populer diatas untuk menemukan apapun. Berbeda dengan deep web atau web mendalam, Google, Yahoo, dan Bing tak bisa mengindeks situs, konten atau file yang ada pada deep web.

Salah kaprah tentang Deep wen

Bahkan, menurut ekstrapolasi yang dilakukan oleh Universitas California, Berkeley pada tahun 2001, ukuran Deep Web saat itu sekitar 7,5 Petabyte. Sementara file yang terindeks oleh mesin pencari standar hanya sekitar 17 Terabyte. Berarti hanya 4% saja situs yang mampu terindeks dan sisanya yakni 96% merupakan Deep Web.

Penelitian tersebut banyak menjadi acuan untuk menggambarkan begitu besarnya deep web, dan tentu saja ditafsirkan begitu besarnya kengerian yang ada diinternet.

Tak pelak pemberitaan tentang deep web berisi semua hal tentang konten negatif dan mengerikan, terutama di Indonesia. Lalu benarkah isi dari deep web penuh dengan hal-hal mengerikan sehingga mesin pencari standar yang sering digunakan tidak akan mengindeks konten deep web.

Banyak sahabat yang menjelaskan kepada saya tentang begitu mengerikannya deep web setelah membaca artikel-artikel yang mengupas tentang deep web yang katanya jumlahnya begitu besar dan penuh dengan konten negatif.

Pertanyaannya:


Jika deep web merupakan kumpulan situs kejahatan, apakah populasi penjual narkoba, penjual senjata, pembunuh, pedofil, hacker, psikopat, kekerasan, bentuk kejahatan dan kengerian lainnya jauh lebih banyak daripada populasi orang normal didunia ini?

Saya sangat yakin, saat ini orang normal jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah para penjahat yang digambarkan pada deep web.

Sama halnya dengan situs yang bisa terindeks mesin pencari standar, deep web tidak melulu tentang hal-hal yang mengerikan. Memang, ada beberapa situs pelaku kejahatan yang ada di deep web, namun bukan berarti jumlah data yang 96% penelitan diatas divonis demikian.

Situs-situs kejahatan yang ada di deep web merupakan darknet, disinilah letak kesalahpahaman yang sering disajikan berabagai berita yang ada saat ini. Darknet salah satu bagian dari deepweb, sama seperti deep web, darknet juga merupakan bagian konten yang tak bisa diakses mesin pencari standar seperti Google, Yahoo, dan Bing. Keduanya berbeda, namun keduanya sisi internet yang tak terindeks mesin pencari standar.
Deep web memang memiliki ukuran data yang begitu besar, tapi perlu diingat disini adalah segala sesuatu yang di deep web bukan berarti semua tentang konten sebenarnya. Sebagai contoh, isi email anda dengan berbagai file lampiran maupun percakapan chating anda pun tak terindeks mesin pencari yang semua orang bisa mengaksesnya. Itu pun bagaian dari deep web, karena mesin pencari tidak mengindeksnya.

Bagaimana Cara Mengakses Deep Web dan Darknet

TOR BROWSER

Mengakses deep web memang memerlukan tool khusus, anda dapat menggunakan TOR browser yang dapat diunduh dengan gratis di https://www.torproject.org/.

TOR (The Onion Router) atau biasa disebut jaringan bawang menjadikan anonim kegiatan browsing anda di internet. Dengan browser ini pula anda dapat mengakses deep web, dan dapat mengakses domain dengan ekstensi union yang biasa digunakan pada darknet.

Keanoniman anda dengan menggunakan tool ini dikarenakan TOR bekerja dengan cara mengarahkan lalu-lintas internet anda melalui jaringan sukarelawan yang disediakan dengan gratis dan di seluruh dunia dengan tersedia ribuan relay.

Dengan TOR anda tetap anonim bahkan Internet Service Provider (ISP) (Penyedia Layanan Internet) yang anda gunakan tidak dapat mengetahui kegitan browsing anda. Begitupun lokasi dan IP Adress anda tetap tak terdeteksi.

Jika anda bingung ketika menggunakan TOR, anda bisa menggunakan Hidden Wiki untuk memandu anda menyelami deep web.

Darknet dan Kejahatan

Jika kamu pernah menonton film dokumenter "Deep Web", difilm tersebut banyak dibahas seluk beluk tentang deep web. Salah satu yang disoroti adalah Silk Road, tempat jual beli narkoba paling legendaris pada darknet yang didirikan oleh Ross Ulbricht seorang pria 31 tahun. Berbagai kisah pengungkapan dan bagaimana latar belakang Ulbrict sangat apik dibahas didalam film dokumenter ini.

Setelah membaca artikel ini, mungkin anda sudah bisa membedakan apa itu deep web dan darknet. Tak seperti yang diberitakan, deep web tak selalu berisi tentang semua hal yang mengerikan. Meski ada sisi dari darknet, sebuah sisi gelap dari internet, bukan berarti kita menyamaratakan semua konten yang ada pada deep web.

Jangan takut untuk mencoba menjelajah deep web, yang paling penting dimanapun kita berselancar, selalu berhati-hati memang perlu dilakukan. Sebisa mungkin jangan bergabung dengan forum di deep web menggunakan akun yang anda gunakan untuk jejaring soal yang anda punya.

Darknet memang berisi banyak tentang konten negatif, dari narkoba hingga video menyeramkan. Bijaklah dalam menggunakan internet, karena secara psikologis dapat merubah anda ketika mengunjungi darknet.

Salam 142bit

142bit merupakan blog yang mengulas semua tentang keamanan komputer, tutorial, hacking, dan teknologi. Untuk mencegah menjadi korban kejahatan dunia maya, terkadang harus mengetahui cara bagaimana mereka melakukannya. 142bit

4 komentar:

  1. Lanjutkan mind Next info Shadow web yak mind ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu aja gan postingan selanjutnya

      Hapus
  2. Mantap penjelasanya mudah di pahami, btw kenapa di darknet pembayaranya rata2 pake bitcoin ya bukanya lewat transfer gitu?

    BalasHapus