Menkominfo Merekrut 1000 Tentara Cyber, Untuk Apa dan Siapa?

01.57 0 Comments

Ini zaman digital, dan itu fakta, serangan cyber terus meningkat yang dialami tiap negara dan itu juga fakta. Perang komentar pasukan cyber pendukung "majikan" tertentu yang marak di Indonesia itu masih abu-abu, namun saya meyakini itu sedang terjadi saat ini, dan saya meyakini itu fakta. Bagaimana saya meyakini itu semua fakta? Saya punya cara tersendiri mengetahuinya. Ulasan tentang pasukan "tukang komen" akan dibahas pada posting khusus.


Perekrutan besar-besaran tentara cyber yang dilakukan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi belakangan ini diklaim bertujuan untuk mengamankan Indonesia dari berbagai serangan cyber yang semakin marak belakangan ini.

Setiap tahunnya, puluhan juta serangan cyber menghujami Indonesia. Luar biasa besarnya jumlah serangan tersebut menjadi salah satu alasan untuk merekrut para tentara cyber (cyber army) di tanah air.

Benarkah tentara yang direkrut dari BERBAGAI KALANGAN dengan senjata kemampuan dibidang keamanan komputer ini memang ditunjukan untuk mengamankan kedaulatan negara dari banyaknya serangan cyber yang terus meningkat akhir-akhir ini?

Untuk menjawabnya, lihatlah penguasa saat ini, apakah membungkam dan mengontrol media baik online, offline, dan layar televisi. Jika ya, jangan terlalu berharap dengan tentara cyber yang katanya melindungi bangsa yang besar ini diranah digital dari berbagai serangan pihak dalam maupun luar.
Namun jika sebaliknya, sebagai masyarakat Indonesia patut mendukung pembentukan tentara cyber ini. Perlu digaris bawahi disini adalah "ketika penguasa yang membentuk, maka penguasa bisa megarahkan". Hacker sebenarnya tak pernah bisa diatur oleh penguasa manapun, mereka independen dan bergerak berdasarkan logika kebenaran berdasarkan pengalaman dan penilaian diri sendiri.

142bit merupakan blog yang mengulas semua tentang keamanan komputer, tutorial, hacking, dan teknologi. Untuk mencegah menjadi korban kejahatan dunia maya, terkadang harus mengetahui cara bagaimana mereka melakukannya. 142bit

0 komentar: