Ini Alasan Kenapa Two-Factor Authentication Wajib Digunakan pada Setiap Akun Online

18.18 0 Comments

Ketika ada teknologi atau fitur yang disediakan oleh suatu layanan online untuk memperkuat keamanan akun penggunanya, sudah sepatutunya pengguna segera melakukan pengamanan tersebut. Kelalaian atau sikap masa bodo pengguna adalah petaka paling banyak dialami dalam dunia internet.

Sedia payung sebelum hujan, jangan sampai nasi sudah menjadi bubur baru sibuk mengamankan akun-akun internet anda. Segera lakukan pengamanan agar akun yang anda gunakan tidak mudah diretas oleh orang lain yang memanfaatkan celah keamanan.

Sala satu cara mengamankan akun yang menurut admin paling ampuh saat ini adalah dengan menggunakan metode Two-Factor Authentication atau biasa juga disebut dengan 2-FA.

Apa Itu Metode Two-Factor Authentication?



Two-Factor Authentication adalah metode autentikasi dua langkah dimana selain memasukan username dan password ketika akan login kesuatu layanan internet, anda juga harus memasukan kode unik dan biasanya terdiri dari 6 digit angka agar bisa masuk keakun online anda yang dikirim secara otomatis ke nomor telepon (yang suda didaftarkan sebelumnya) tiap kali anda melakukan login.


Haruskah Memasukan Kode Tiap Kali Login? Ribet?

Tidak selalu, tergantung keinginan. Anda dapat menambahkan daftar perangkat terperacaya dimana ketika mengakses layanan menggunakan perangkat yang anda daftarkan sebelum tak perlu memasukan kode lagi. Bisa satu perangkat, dua, tiga atau lebih.

Perlu ditekankan disini, bagi anda yang belum mengamankan akun-akun online anda menggunakan metode ini, sebaiknya secepatnya melakukannya. Kenapa?

Karena dengan metode 2FA, sangat mustahil para penyerang dapat mengakses akun internet anda (walau bukan tidak mungkin, beberapa kasus penyerang bisa melakukann metode bypass 2FA). Metode autentikasi 2 langkah akan sangat membantu mengamankan dari penyerang meskipun mereka mengetahui username dan password anda. Karena bila diakses menggunakan perangkat yang tidak didaftarkan sebelumnya, wajib mengisikan kode yang otomatis dikirim kenomor anda.
Keamanan akun anda bukan hanya tanggung jawab penyedia layanan, andalah yang paling berperan penting disini

Saya Sudah Mengamankan Username dan Password Sebaik Mungkin, Mustahil Diketahui Orang

Ketahuilah, diluar sana banyak orang cerdas dibidang komputer dengan segala tetek bengeknya yang sedang bersenang-senang dengan skill-nya maupun yang sedang mencari keuntungan dari akun yang akan diretas.

Peretasan adalah seni dan keahlian, titik terlemah dari rantai keamanan dibidang ini adalah manusia itu sendiri. Meskipun anda sudah mengamankan sebaik mungkin, banyak metode yang dilakukan penyerang untuk mengambil alih akun-akun online anda.

Bisa saja anda login menggunakan komputer kantor atau warnet yang sudah dipasang perangkat atau aplikasi keylogger. Bisa saja anda login dengan menggunaakan jaringan wifi yang disediakan secara gratis namun dibalik itu ada orang jahil yang berupaya melakukan peretasan. Bisa saja anda dijebak dengan situs phishing yang membuat username dan password anda dicuri dengan sangat mudah. Dan masih banyak lagi metode-metode yang digunakan penyerang, setiap harinya mereka selalui memperbaharui kemampuannya.

2-FA memang bukanlah jaminan akun menjadi tak tersentuh peretas, namun ini salah satu pengaman paling tangguh saat ini yang bisa digunakan untuk mengamankan akun anda.


OK, Bagaimana Cara mengamankan Akun Saya?

Pengguna Gmail: silahkan kunjungi halaman ini untuk mengaktifkan Two-Factor Authentication: https://accounts.google.com/SmsAuthConfig, kemudian login lah dengan akun gmail anda.

Two-Factor Authentication

Pengguna Facebook: Klik Settings >> Security >> Klik Login Approval

Two-Factor Authentication


Pengguna Twitter: Klik Settings >> Security and Privacy >> Centanglah pada bagian Verify login requests. Lalu masukan nomor telepon anda untuk menerima kode tiap kali login pada perangkat yang berbeda.


Untuk akun-akun media sosial yang lain dapat anda cara sendiri di internet untuk mengaktifkan fitur 2-FA dimasing-masing layanan tersebut.

Secara garis besar, ketika mengaktifkan Two-Factor Authentication, meskipun orang lain sudah mengetahui username dan password akun anda, percuma saja, karena mereka harus juga memasukan kode yang dikirim kenomor anda untuk bisa masuk.

Satu-satunya cara yang paling mudah dilakukan penyerang adalah mencuri perangkat sekaligus username dan password anda, dan kita tahu bahwa itu jauh lebih sulit dibandingkan dengan meretas username dan password.

Salah 142bit

142bit merupakan blog yang mengulas semua tentang keamanan komputer, tutorial, hacking, dan teknologi. Untuk mencegah menjadi korban kejahatan dunia maya, terkadang harus mengetahui cara bagaimana mereka melakukannya. 142bit

0 komentar: